Ada ucapan orang yang mengatakan bahwa bulan September merupakan bulan yang ceria, bulan yang menyenagkan, serta bulan yang bisa dikatakan bulan yang penuh kebahagiaan. Namun, hal itu sangat berbeda dengan apa yang aku rasakan. Bagaimana tidak, setiap bulan September selalu saja ada kejadian yang selalu membuatku berpikir bahwa apakah ini benar-benar sebuah bulan yang spesial?

Sebenarnya September merupakan bulan kelahiranku, yang seharusnya itu merupakan bulan yang bahagia bagi sebagin orang karena bisa merayakan apa itu namanya ulang tahun. Tentunya itu bukan aku, dari kecil aku tidak pernah mengaggap bahwa bulan September merupakan bulan yang aku tunggu-tunggu setiap tahunnya. Tidak ada harapan mendapatkan sebuah kado khusus dihari ulang tahun, tidak pernah berharap sebuah kejutan spesial yang bakal datang.

Kebiasaan dikeluargaku memang tidak pernah merayakan yang namanya ulang tahun, ya mungkin adalah sekedar ucapan yang menjadi doa dan harapan setelah kita melewati waktu satu tahun dalam kehidupan. Biasanya orang tuaku hanya mempersiapkan hidangan yang mungkin bagi aku dan adik-adikku selalu kami nanti. Aku tidak pernah sedikitpun menyalahkan orang tuaku karena tidak pernah merayakan ulang tahun anak-anaknya, menurutku itu tidak ada masalah sama sekali. Bahkan aku berpendapat bahwa merayakan ulang tahun sama saja merayakan kurangnya waktu bagi kita untuk hidup didunia ini.

Bukan berarti aku tidak pernah berharap bulan September menjadi sebuah bulan yang spesial lalu setiap bulan September menjadi sebuah bulan yang selalu memberikan sebuah kisah yang memilukan. Hingga rasanya aku ingin sekali tidak pernah bertemu dengan bulan yang satu ini. Andaikan aku mmiliki sebuah kekuatan yang bisa mempercepat waktu ingin rasanya aku melewati bulan ini tanpa perlu merasakan satu haripun berada dibulan ini.

Rasa sedih, kecewa, marah, dan putus asa hampir semuanya selalu aku lalui setiap bulan september. Entah kutukan apa yang menghampiri diriku hingga aku tidak pernah berharap adanya bulan dengan nama september. Entah itu kutukan atau memang hanya perasaan aku saja yang selalu merasa tidak enak disetiap bulan ini, mudah-mudahan saja hal seperti ini tidak terus berlanjut ketahun-tahun berikutnya.