Jumlah Pixel pada Kamera Menentukan Kualitas Gambar yang Dihasilkan?

Home/Info/Jumlah Pixel pada Kamera Menentukan Kualitas Gambar yang Dihasilkan?
  • Ilustrasi kamera digital (jumlah pixel pada kamera apakah berpengaruh terhadap hasil gambar yang hasilkan) - gizbot.com

Jumlah pixel pada kamera menentukan kualitas gambar yang dihasilkan? – Saat ini keseharian kita sudah tidak bisa dilepaskan lagi dengan yang namanya kamera. Hal tersebut ditunjukkan dengan terus bertambahnya pengguna aktif dari Instagram dan Snapchat dari hari-kehari.

Beragam jenis kamera kita bisa gunakan diantaranya adalah kamera ponsel, kamera Pocket, kamera Prosumer, Mirrorless, DSLR, hingga kamera medium format sudah tidak asing lagi kita temui dalam kehidupan sehari-hari. Setiap orang berlomba-lomba untuk menghasilkan foto yang baik agar bisa dipamerkan pada halaman instagram pribadi.

Namun masih banyak orang beranggapan bahwa semakin besar jumlah pixel yang terdapat pada kamera maka semakin baik kualitas gambar yang dihasilkan oleh kamera tersebut. Banyak kita temui kamera ponsel yang punya jumlah pixel lebih dari 20MP (mega pixel), lantas apakah gambar yang dihasilkan dari ponsel tersebut bisa dikatakan lebih  baik apabila dibandingkan dengan full-frame DSRL dengan jumlah pixel lebih kecil dari itu?

Sebelum kita melanjutkan pembahasan lebih jauh terhadap kualitas gambar hasil tangkapan kamera, mari kita liat dulu penjelasan apa itu pixel pada gambar digital.

Apa itu pixel ?

Seperti yang saya kutip dari Wikipedia, pixel merupakan singkatan dari “Picture Element”, dalam dunia gambar digital pixel adalah sebuah unsur gambar atau representasi sebuah titik terkecil dalam sebuah gambar grafis yang dihitung per inci. Biar tidak bingung saya akan coba jelaskan dengan lebih sederhana. Saya contohkan sebuah monitor komputer atau laptop dengan resolusi 1920 x 1080 pixel, artinya monitor tersebut terdapat titik pixel dengan jumlah 1920 pada bagian lebarnya dan 1080 titik pada bagian tingginya.

Semakin besar jumlah pixel yang terdapat pada monitor tersebut, makana semakin tajam pula gambar yang bisa ditampilkan pada layar monitor tersebut. Namun, minsalnya kita punya gambar dengan resolusi 1366 x 768 pixel lalu kita jadikan wallpaper pada komputer kita dengan monitor beresolusi 1920 x 1080 pixel, apa yang terjadi?

Gambar yang semula berukuran 1366 x 768 dipaksa untuk ditampilkan pada monitor 1920 x 1080 pixel hasilnya adalah gambar tersebut akan terlihat tidak baik, atau biasa kita sebut pecah karena tampilan gambar jadi tidak tajam. Jadi dapat dikatakan bahwa pixel hanya sebuah medium untuk merepresentasikan warna menjadi gambar.

Jumlah Pixel pada Kamera Menentukan Kualitas Gambar yang Dihasilkan?

Seperti yang saya jelaskan sebelumnya, pixel hanya sebuah medium untuk merepresentasikan warna menjadi gambar, lantas apa yang mempengaruhi baiknya kualitas gambar yang dihasilkan oleh sebuah kamera?

1. Jenis sensor yang digunakan pada kamera
Jenis sensor yang digunakan oleh sebuah kamera menentukan seberapa besar kamera tersebut dapat menangkap cahaya. Semakin baik jenis sensor yang digunakan kamera tentunya semakin baik juga gambar yang dihasilkan oleh kamera tersebut.

2. Prosesor yang digunakan oleh kamera tersebut
Layaknya sebuah komputer, kamera juga membutuhkan prosesor untuk untuk memproses cahaya yang ditangkap oleh sensor kamera untuk dijadikan sebuah gambar. Maka dari itu, tidak cukup dengan jumlah pixel saja yang menjadi tolak ukur sebuah gambar dapat dihasilkan dengan baik.

3. Lensa yang digunakan
Kualitas lensa yang digunakan pada sebuah kamera juga memiliki andil yang cukup besar dalam menghasilkan gambar yang baik, dinataranya besarnya apreture (nama lainnya bukaan yang sering dilambangkan dengan “f”), hingga fitur peredam getar yang membuat gambar yang kita hasilkan tidak goyang atau blur.

Jadi jumlah pixel pada kamera bukanlah sebuah patokan yang menjadikan sebuah kamera dapat menghasilkan gambar lebih baik, melainkan elemen-elemen lain yang terdapat pada kamera yang menjadikan sebuah gambar menjadi bagus. Jadi jangan sampai termakan oleh iklan yang bertebaran dengan mengagung-agungkan jumlah pixel kamera ternyata gambar yang dihasilkan oleh kamera tersebut tidak seperti yang kita bayangkan.

About the Author:

Just someone who want to share what he know about something

Tuliskan komentar atau pertanyaan terkait artikel ini.