Google Berubah Menjadi Alphabet

Home/Info/Google Berubah Menjadi Alphabet
  • google

Sebuah kabar yang sangat mengejutkan datang dari sebuah perusahaan besar yang terkenal dengan mesin pencarinya yaitu Google, pasalnya kedua pendiri Google yaitu Larry Page dan Sergey Brin  mendirikan sebuah perusahan baru yang bernama Alphabet. Lantas bagai mana dengan nasib Google sendiri dan apa sebenarnya Alphabet tersebut ?

Google sendiri tidaklah bubar seperti yang diisukan oleh banyak orang akan tetapi Google akan berada didibawah naungan dari Alphabet. Seperti yang kita ketahui Google sendiri memiliki beberapa project lainnya yaitu Fiber, Google, Google Ventures, Google Capital, Google X, dan Nest. Dengan begitu banyaknya unit usaha yang dimiliki oleh Google sendiri maka perlu adanya sebuah perusahaan induk yang menaungi semua unit usaha yang mereka miliki termasuk Google sendiri.

Dengan dibentuknya Alphabet sebagai induk perusahaan Google, Larry Page menempati posisi sebagai CEO dan pendiri Google lain, Sergey Brin juga menempati posisi puncak di Alphabet. Untuk itu, jabatan CEO Google pun diserahkan kepada pihak lain yaitu Sundar Pichai.

Sundar Pichai sendiri adalah pria kelahiran Chennai, India pada 1972 sebelumnya merupakan Kepala Divisi Chrome dan Android di Google, yang kini ditunjuk sebagai pengganti Larry Page sebagai CEO Google. Sundar Pichai bergabung dengan Google pada 2004, ia bertanggung jawab terhadap manajemen produk dan inovasi software-software buatan Google, termasuk browser Chrome, Chrome OS, serta Google Drive. Jadi Sundar Pichai sendiri bukanlah orang baru yang bekerja di Google yang menurut Larry Page beliau pantas untuk menduduki jabatan sebagai CEO Google.

Nantinya Alphabet akan menyerap semua saham Google. Saham Google akan dikonversi menjadi saham Alphabet pada akhir 2015. Saham Alphabet akan tetap dipasarkan dengan kode yang sama, GOOG dan GOOGL.

About the Author:

Just someone who want to share what he know about something

Tuliskan komentar atau pertanyaan terkait artikel ini.